Refleksi Kuliah Gudang Data

by - December 26, 2011

Gudang Data atau Data Warehouse menjadi bagian dari beberapa matakuliah yang cukup penting bagi mahasiswa peminatan Basis Data(Database). Saya sendiri merasa sangat tertarik dan tertantang mendalami materi-materi tentang gudang data.

Saya mendapatkan banyak pengalaman dalam perkuliahan ini . Terus terang pada awalnya proses belajar mengajar di kelas berjalan cukup cepat, dan terkadang saya tertinggal dalam hal pemahaman materi. Namun hal itu tidak menyurutkan minat saya. Saya coba mengejarnya di luar jam kuliah. Dengan sharing kepada teman-teman membuat saya mampu menghadapi tantangan itu. Karena menurut saya, jika Pengajar mampu menguasai pengetahuan tersebut, saya juga harus bisa menguasai hal yang sama, bahkan lebih. Simulasi Gudang Data di dunia kerja juga diberikan kepada mahasiswa sebagai bekal menghadapi dunia kerja di perusahaan IT.

Salah satu pengalaman saya yang paling berkesan bagi saya adalah proyek UAS kelompiok. Proyek ini membuat kami kelabakan pada awalnya. Kelompok hampir putus asa karena kami tidak berhasil menemukan solusinya diakibatkan kasus jenis ini cukup baru bagi kami dimana biasanya dalam OLAP kami berurusan dengan hany satu tabel FACT. Akhirnya Saya dan Iben berpikir dengan keras. Saya kembali membaca materi-materi perkuliahan dan contoh-contoh kasus. Dan akhirnya saya menemukan jawabannya, dibantu dengan Benedictus Heru dan teman-teman lainnya, kami implementasikan ide tersebut sehingga OLAP yang diharapkan dapat terwujud dengan sangat lengkap menurut kami. Thanks God.

Saya mengucapkan terima kasih untuk anda yang membaca refleksi kuliah Gudang Data ini. Saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata. Dan menurut saya Gudang Data itu Asyik loh, jadi jangan takut dengan Matakuliah Ini. God bless you all.

You May Also Like

0 comments