Tips Main Game MOBA dan game 3D berat di Android Dengan Grafis Lebih Lancar

by - February 14, 2018

Halo sobat Reza, bagaimana kabar kalian? Semoga sehat selalu ya. Kali ini saya mau bagikan tips dan tutorial yang pasti bermanfaat buat kalian.

Berawal dari pengalaman saya, waktu itu saya memiliki handphone yang berfokus pada kamera dan layar. Handphone tersebut adalah Zenfone Selfie. Saya akui sektor kamera dan layar cukup memuaskan. Di sisi lain prosesor handphone ini adalah Snapdragon 615 dengan ram 3GB dan storage 32GB. Untuk multitasking oke banget. Tapi sayang waktu dipakai bermain beberapa game 3D agak berat selalu keteteran menangani layar Full HD 1080p nya. Beberapa yang saya coba diantaranya Asphalt 8, Asphalt Extreme, Vainglory, Arena of Valor, Mobile Legend, dsb.

Saya mencoba mencari perbandingan dengan hape lain yang punya processor yang sama. Ternyata handphone -  handphone  tersebut bisa lancar pada resolusi HD 720p. Jadi saya putuskan untuk menurunkan resolusi layar handphone saya.

Berikut langkah-langkahnya supaya dapat bermain game berat di handphone Android dengan lebih lancar. Cara ini aman dan bisa di reset sewaktu-waktu kalian butuhkan.

1. Pastikan sudah install ADB dan drivernya di komputer kalian. Jika belum ikuti download dan install dulu ya Universal ADB installer.
2. Mengaktifkan usb debugging pada handphone kalian.
3. Sambungkan handphone dan komputer lewat usb.
4. Buka command prompt di folder adb.
5. Ketik "adb shell wm size 720x1280". Disini saya akan menurunkan resolusi setengah dari aslinya 1080x1920. Tekan Enter.
6. Ketik "adb shell wm density 320". Saya menurunkan density dari aslinya 401. Targetnya adalah ukuran font dan icon yang tampil tidak berbeda jauh dari sebelum perubahan. Tekan enter.
7. Restart handphone anda. Tujuannya agar system di handphone menyesuaikan settingan baru ini.
8. Buka game yang ingin anda mainkan.

Setelah saya mempraktekkan cara ini, semua game di atas bisa saya mainkan dengan sangat lancar dan menyenangkan.

Note:
Untuk handphone dengan tombol navigasi fisik sentuh, saya sarankan install virtual navigation button, saya sendiri pakai aplikasi "Simple Control. Karena saat kita rubah resolusi, kordinat tombol akan bergeser sehingga tidak berfungsi jika di tekan.

Jika anda ingin mereset settingan cukup pakai dua command berikut

1. adb shell wm size reset
2. adb shell wm density reset
3. Restart handphone.

Mudah bukan? Selamat mencoba.

You May Also Like

0 comments